Mengemudi Aman Selama Bulan Ramadhan

Bulan puasa sudah di depan mata, meskipun menahan lapar dan dahaga kamu tetap harus beraktivitas seperti biasa. Untuk kamu yang sering bepergian keluar rumah dengan mobil perlu lebih ekstra hati-hati. Simak tips mengemudi aman selama bulan Ramadhan ala TREVO!

Simak artikel TREVOMOTIF lainnya disini.

Mengemudi Aman Ala TREVO

#1 Menjaga Kebugaran Tubuh

Saat sahur, usahakan makan makanan yang serat dan protein tinggi karena akan lebih mengenyangkan dan memberikan energi yang lebih besar juga. Hindari makan makanan yang mengandung gula tinggi, karena akan lebih cepat dicerna. Serta minum air putih agar tidak mudah terdehidrasi.

Hindari berbuka puasa di dalam mobil, kecuali memang terpaksa. Makan dan minum secukupnya agar tetap bisa berkonsentrasi penuh saat menyetir mobil. 

#2 Hindari Hal-Hal yang Menyebabkan Kantuk

Saat berpuasa, kita lebih mudah merasa ngantuk berlebih daripada biasanya. Hindari menyetel suhu AC terlalu dingin saat berkendara, karena suhu yang dingin dapat menambah rasa kantuk. 

Selain menyetel suhu AC yang sesuai, kamu bisa menyetel lagu kesukaan yang upbeat untuk mencegah kantuk. 

#3 Kendalikan Emosi

Saat berkendara, ada saja hal-hal yang membuat kita emosi saat di jalan. Kemacetan, kesemrawutan di jalan dan pengemudi lain yang berkendara semaunya memancing emosi. Hal ini justru berdampak tidak baik dan akan menurunkan konsentrasi. Sehingga penting untuk mengendalikan diri dalam situasi tersebut. Ingat, esensi puasa itu sendiri adalah proses melatih pengendalian diri.

Godaan emosi meningkat karena rasa lapar yang dirasakan saat puasa, emosi yang tinggi juga membuat tubuh lebih cepat membakar kalori sehingga cepat letih atau lemas. Jangan sampai langgar aturan lalu lintas karena emosi sesaat. Kalau ada pengemudi lain yang memancing amarah, kamu bisa mencoba menarik nafas dan buang perlahan lewat mulut sebanyak 3 kali sampai merasa tenang.

#4 Pelajari Pola Berkendara

Berangkat ke kantor lebih awal jelas menguntungkan karena kondisi tubuh masih fit dan jalan belum macet. Usahakan tidak mengemudi di tengah hari yang sangat panas. 

Menjelang buka puasa biasanya jalan relatif lebih macet, terutama di daerah yang ada penjual makanan berbuka puasa. Tentukan waktu dan cari rute yang tidak melalui daerah rawan macet. 

#5 Jaga Kondisi Mobil

Sebelum berkendara, pastikan untuk cek kondisi mobil sebelum berangkat. Jangan sampai kamu mengalami kesulitan dengan kendaraan saat berpuasa. Seperti, AC yang tidak dingin atau mesin mengalami masalah teknis.

Kalau kamu menggunakan mobil dari TREVO, gak usah khawatir mobil akan dicek terlebih dahulu oleh teknisi. Simak tips mobil saat mogok di tol disini.

#6 Manfaatkan Teknologi

Hal yang jangan sampai ketinggalan adalah memanfaatkan teknologi seperti google maps, aplikasi waze, atau yang lainnya untuk mendapatkan rute yang paling cepat dan dekat, sehingga tenaga dan pikiran tidak terkuras karena jalanan yang macet.

Nah itu dia sejumlah tips mengemudi aman saat bulan Ramadhan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara agar selamat sampai tujuan ya. 

Buat kamu yang gak mau repot-repot berkendara, sewa mobil di TREVO aja! Jangan lupa cek-cek promo terbaru di aplikasi TREVO.

Tunggu apalagi? Sewa Kendaraan Pilihanmu di TREVO Sekarang!

Recommended Articles