7 Tips Buka Puasa di Mobil

Cover Tips Buka Puasa di Mobil

Buka puasa bisa dibilang jadi waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa. Terutama buat kamu yang masih beraktivitas atau kantornya sudah mulai memberlakukan work from office alias WFO di bulan Ramadan.

Dengan berlakunya WFO, udah nggak heran lagi kalau jalanan apalagi di Ibukota terlihat padat menjelang buka puasa karena nggak cuma kamu yang buru-buru pulang ke rumah supaya bisa berbuka bersama keluarga. Alhasil, dengan jalanan yang padat dan perjalanan yang masih jauh bisa-bisa kamu terpaksa harus berbuka di jalan.

Supaya perjalanan kamu tetap aman dan nyaman walaupun kamu harus berbuka puasa di tengah kemacetan, tenang, TREVO selalu ada tips-tips buat kamu yang terpaksa berbuka puasa di mobil, apa aja? Yuk simak selengkapnya!

Tips Aman Buka Puasa di Mobil

1. Bawa Bekal dan Minuman

Ilustrasi membawa bekal makanan (Freepik)

Langkah awal dan kebiasaan yang bisa dilakukan saat kamu beraktivitas menggunakan mobil, yaitu membawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk buka puasa. Nggak perlu repot-repot kok, seperti air mineral atau minuman kemasan yang manis seperti teh. Disarankan untuk menghindari minuman bersoda karena bisa bikin perut kamu jadi nggak nyaman.

Untuk makanannya juga nggak harus lauk pauk dan nasi atau makanan berat lainnya, cukup bawa makanan ringan seperti roti, biskuit, kurma atau takjil. Pastikan saat kamu makan jangan sampai ada sisa-sisa makanan yang jatuh ke jok atau ke lantai mobil, ya!

2. Siapkan Makanan dan Minuman Sebelum Berangkat

Ilustrasi makanan dan minuman di cup holder mobil (Shutterstock)

Biar kamu tidak kewalahan dan panik saat adzan magrib berkumandang, sebaiknya siapkan makanan dan minuman yang kemasannya gampang untuk dibuka biar kamu nggak repot-repot membukanya.

Kalau sudah dipersiapkan sejak berangkat, kamu bisa meletakkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau seperti pada bagian panel pintu, konsol tengah mobil, dan tentunya cup holder untuk minuman kamu. Supaya lebih aman, kamu juga bisa masukkan ke dalam toples!

3. Nyalakan Radio

Interior Toyota Veloz (PT Toyota Astra Motor)

Penggunaan radio bisa dibilang sangat penting apalagi kalau kamu lagi nyangkut di tengah kemacetan yang nggak bergerak. Selain bisa berfungsi sebagai media hiburan, radio juga bisa menjadi pengingat berbuka puasa, karena biasanya stasiun radio akan memasang adzan magrib sebagai pengingat.

4. Menepi Sejenak Saat Buka Puasa

Ilustrasi berhenti sejenak untuk makan dan minum (Shutterstock)

Menjelang buka puasa atau magrib, pastikan kamu mencari tempat yang aman untuk berhenti sejenak seperti di rest area kalau kamu berada di jalan tol, pom bensin, masjid, mini market dan tempat pemberhentian yang aman dan tidak sembarangan.

Jangan paksakan untuk berhenti di tempat-tempat yang tidak aman dan tidak layak seperti bahu jalan tol, di pinggir jalan yang ramai. Karena tidak aman dan bisa memicu kecelakaan tabrak belakang, jadi pastikan kamu berhenti di tempat yang aman, ya!

5. Jangan Berbuka Sambil Mengemudi

Ilustrasi makan sambil mengemudi (Freepik)

Kalau kamu tidak bisa menemukan tempat berhenti yang aman dan sudah waktunya berbuka puasa, jangan dipaksakan buat membatalkan puasa kamu saat masih mengemudi. Sebaiknya kamu tunda lebih dulu sampai ketemu tempat berhenti aman atau mobil berada di posisi berhenti yang aman.

Kamu bisa saja membatalkan puasa saat mobil berhenti saat lampu lalu lintas berwarna merah atau saat berada di tengah kemacetan yang padat. Kondisi seperti itu bisa kamu manfaatkan buat minum atau makan sebutir kurma alias membatalkan puasa kamu. Pastikan kamu tetap fokus ke jalan dan tidak mengalihkan perhatian kamu ke hal yang lain, ya!

6. Bawa Perlengkapan Kebersihan

Ilustrasi menggunakan hand sanitizer (Freepik)

Supaya tetap sehat dan bersih, nggak ada salahnya bawa perlengkapan kebersihan di mobil kamu. Hal-hal kecil seperti hand sanitizer atau tisu basah untuk membasuh dan membersihkan tanganmu sebelum berbuka puasa.

Selain itu, kamu juga bisa menyediakan tempat sampah kecil untuk membuang sisa-sisa makanan, minuman dan bungkus plastiknya supaya mobil kamu tetap bersih dan tidak bau. Nanti, kalau sudah kamu bisa membuang sampah kalau sudah sampai rumah.

7. Tetap Fokus Saat Mengemudi

Ilustrasi mengemudi (Freepik)

Nggak sedikit pengemudi yang ‘keukeuh’ memutuskan untuk terus melanjutkan perjalanan karena makanan sudah menanti di rumah atau segera ingin sampai tujuan. Jadi, mau tidak mau harus lebih agresif dan kebut-kebutan yang pastinya nggak aman.

Ini pentingnya tetap fokus saat mengemudi dan berhati-hati, karena hal tersebut bisa membahayakan diri sendiri dan juga pengemudi lain. Lebih baik perlahan-lahan tetapi sampai tujuan dengan selamat!

Puasa Pasti Nyaman Bareng TREVO

Tetap produktif beraktivitas selama di bulan puasa bareng TREVO aja! Apa pun kegiatannya, pilihan mobilnya selalu ada buat menemani segala perjalanan kamu karena #TREVOSelaluAda. Khusus buat kamu yang baru pertama kali sewa mobil bisa menikmati diskon hingga 50%, lho. Tunggu apalagi? Sewa mobil favoritmu sekarang buat bikin Ramadan kamu seru dan lancar!

Sewa mobil pertama kali dan dapatkan diskon hingga 50%!

Tetap Produktif Selama Ramadan karena #TREVOSelaluAda

Recommended Articles