Mobil Hybrid di Indonesia

Mobil hybrid Innova yang dikabarkan akan rilis ke pasar pada Oktober 2022 sukses menjadi sesuatu yang ditunggu oleh sebagian lapisan masyarakat di Indonesia. Kenaikan BBM dan semakin ramahnya aksesibilitas mobil listrik atau hibrida ke masyarakat luas menurut kami menjadi salah satu faktor kenapa adanya antusias. Namun demikian, perlu diketahui bahwa mobil hibrida bukanlah mobil listrik. Lalu perbedaannya apa? TREVOMOTIF minggu ini akan membahas mobil hybrid agar kamu tahu infonya sebelum terlalu antusias dan menjadi pembeli! 

Mobil Innova Hybrid yang akan meluncur bulan Oktober 2022

Mobil Hybrid dan Mobil Listrik serta Perbedaannya

Kalau dijelaskan dengan singkat, perbedaan paling mudah yang bisa diidentifikasikan antara mobil hibrida dan listrik adalah bagaimana cara mereka mendapatkan bahan bakarnya. Beberapa komponen mesin dari mobil hibrida akan tetap memerlukan bahan bakar konvensional agar bisa menjalankan fungsinya. Sedangkan mobil listrik secara keseluruhan hanya membutuhkan tenaga listrik agar ia bisa berjalan. 

Jenis-jenis Mobil Hybrid

Mobil Hybrid sendiri ada beberapa jenis, tapi secara umum ada jenis hibrida biasa dan yang bisa di plug-in atau dilengkapi dengan baterai yang bisa diisi di rumah. Perbedaan antara keduanya adalah mobil hibrida biasa hanya akan memakai daya baterai sebagai sumber tenaga mesinnya kalau kelajuan mobil ada di kecepatan rendah atau kecepatan tertentu. Sedangkan untuk mobil hibrida jenis plug-in, sumber tenaga utama berasal dari baterai dan akan secara otomatis menukar sumber tenaga ke bensin konvensional jika baterai telah atau akan habis. 

Menurut KOMPAS.com, Suzuki All New Ertiga Hybrid adalah mobil hibrida terlaris di Indonesia akhir-akhir ini (foto dok. Suzuki)

Selain dua jenis yang kita tulis di atas, ternyata lagi diuji coba mobil hibrida jenis baru yang akan memakai hidrogen sebagai sumber tenaganya. Cara hidrogen terkonversi menjadi daya tenaga mobil akan dilakukan melalui penguapan air, yang tentunya akan menjadi BBM alternatif yang populer dan hampir gratis karena ketersediaan air yang melimpah. 

Hyundai N Vision 74 & RN 22e yang di test drive dalam acara Top Gear

Ingin Coba Mobil-mobil Hibrida atau Mobil Listrik? Coba Langsung bersama TREVO

Cukup antusias dan ingin membeli mobil hibrida? Ketimbang kamu menabung untuk mobil hibrida, langsung sewa saja & rasakan sendiri dengan mendaftar di TREVO!

jalan HARI INI JUGA. Bagian terbaiknya? Mobil pertama yang kamu sewa bisa mendapatkan diskon hingga 50% dari aplikasi sewa mobil TREVO! 

Sewa mobil pertama dengan diskon hingga 50% dari TREVO!

Tunggu apa lagi? Download TREVO untuk sewa mobil idaman! 

Recommended Articles