Toyota Avanza punya sejarah yang sangat menarik di Indonesia, sudah 20 tahun mobil ini eksis di Tanah Air dan menjadi ‘pionir’ buat mobil dari merek lain yang ada di kelas yang sama dengan Avanza, LMPV.
Dikenal sebagai mobil sejuta umat dan jadi mobil keluarga yang dipercayakan oleh masyarakat buat segala kebutuhan, Avanza udah melewati banyak perubahan dalam 20 tahun. Di TREVOMOTIF kali ini, kita bakal melihat perjalanan dan sejarah Toyota Avanza yang udah punya banyak impact di industri otomotif Indonesia.
Kelahiran Toyota Avanza Generasi 1
Desember 2003, Awal Mula Perjalanan Avanza
Kelahiran Avanza ini dipicu oleh kenaikan harga dari Toyota Kijang yang pada saat itu memang favorit buat semua masyarakat.
Akibat pelemahan kurs rupiah ke dolar AS saat krisis moneter 1998, harga Kijang naik 3 kali lipat yang awalnya sekitar 40 jutaan jadi 120 jutaan. Setelah krismon, Toyota melihat ada celah apalagi dengan anggapan Kijang sudah masuk ke mobil mahal.
Mengingat Indonesia yang memang berfokus pada mobil yang bisa membawa keluarga atau dengan kapasitas 7 penumpang, hadirlah Avanza generasi pertama dengan harga yang sangat terjangkau.
Lahirlah Avanza generasi 1 lahir pada tahun 2003, mobil ini pertama kali dikenalkan dalam gelaran otomotif GAIKINDO Auto Expo (sekarang dikenal sebagai GIIAS). Kehadirannya hadir dalam 2 varian saja, E dan G dengan mesin K3-DE 1.3-liter.
Meski sederhana, fitur-fitur yang ditawarkan udah cukup bisa memanjakan para peminatnya. Mulai dari head unit model single DIN, AC sampai power window yang terbilang pada saat itu cukup banget.
Varian Baru, Transmisi Baru
Agustus 2004, Avanza diberikan pembaruan dengan varian S dan transmisi otomatik 4-percepatan. Nggak cuma itu aja, varian S itu menggunakan mesin yang baru dengan kode K3-VE dan sudah pakai teknologi VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent).
Sektor fitur keselamatan juga dapat pembaruan dengan penambahan Anti Braking-lock System atau ABS dan fitur kenyamanan serta hiburan seperti tilt steering dan head unit pakai 2DIN biar makin nyaman jalan pakai Avanza.
Facelift yang Pertama
Setelah 3 tahun peluncurannya, pada Juli 2006 Toyota memberikan Avanza sentuhan facelift dengan bagian depan yang dibikin lebih baru dan kekinian, begitu juga bagian belakangnya. Interior pun juga dapat sentuhan warna baru.
Sementara untuk varian E dan G dengan transmisi manual baru mendapatkan pembaruan di sektor mesin yang juga sudah menggunakan mesin berkode K3-VE.
Tahun yang Sama, Mesin yang Baru
3 bulan kemudian, tepatnya Oktober 2006 Toyota memberikan mesin 1.500 cc atau 1.5-liter dengan teknologi VVT-i ke Avanza varian S baik itu transmisi manual maupun otomatik.
Yap, varian S ini jatuhnya menjadi flagship atau varian paling tinggi dari Toyota Avanza. Karena varian ini punya fitur-fitur mewah seperti sensor parkir belakang dan velg alloy 15-inci yang nggak dimiliki sama varian lainnya.
Penyegaran Tipis dari Toyota
Selanjutnya, hanya ada penyegaran minim dari Toyota untuk produk andalannya, Avanza. Pada Oktober 2008, mobil sejuta umat itu mendapatkan 2 warna baru, wine red dan dark grey.
Kemudian di bagian eksterior mendapat sedikit penyegaran, mulai dari desain fog lamp, bumper, roof lining dan ornamen krom di bagian belakang mobil untuk varian G dan S.
Setahun kemudian, pada November 2009, Toyota memberikan transmisi otomatik untuk varian 1.3 G. Tahun 2010, baru varian 1.3 E mendapatkan transmisi otomatik.
Toyota Avanza Masuk Generasi ke-2
Hampir 8 Tahun, Avanza Lahir Kembali
Pada IIMS 2011 lebih tepatnya pada bulan November, Toyota menghadirkan Avanza generasi kedua dengan nama All New Avanza karena mendapat ubahan besar di bagian eksterior yang menjadi lebih modern dan mewah.
Fiturnya pun juga ditambah oleh Toyota, salah satunya penambahan head unit layar sentuh untuk varian flagship dan Veloz. Oh iya, disaat yang bersamaan, Toyota juga menghadirkan Veloz yang mana jauh lebih mewah dibandingkan dengan Avanza.
Saat itu, Avanza hadir dalam beberapa varian 1.3 E, 1.3 G, 1.5 G, dan Veloz. Seluruh mesinnya menggunakan mesin baru, untuk 1.3-liter pakai kode 1NR-VE sedangkan mesin 1.5-liter pakai kode 2NR-VE yang cukup terkenal ketangguhannya.
Avanza dan Veloz yang Super Mewah
3 tahun setelah kehadiran generasi keduanya, Toyota meluncurkan varian yang cukup terbatas untuk Avanza dan Veloz, dikenal sebagai Luxury atau mewah. Sesuai dengan namanya, ada penambahan yang membuat Avanza terlihat jauh lebih mewah dibandingkan varian yang dijual saat itu.
Hanya saja, penambahannya cukup minim seperti penggunaan body kit untuk bagian eksterior supaya membedakan dengan varian lainnya. Bagian dalamnya juga ada penambahan panel-panel kayu saja.
Penyegaran yang ‘Agung’
Pada tahun 2015, Toyota Avanza akhirnya mendapatkan penyegaran dengan mengusung embel Grand New Avanza. Ini juga menjadi momen dimana Avanza dan Veloz dipisah menjadi 2 model yang berbeda.
Penyegarannya itu menonjol di bagian eksterior terutama bumper yang kini memiliki grille hitam lebar dan lebih berani. Sementara Veloz dibikin lebih mewah dan elegan dengan penggunaan grille lebar dan ornamen krom yang menyambung lampu depan. Nggak lupa juga, ada penggunaan velg baru buat Avanza dan Veloz.
Selain eksterior, fitur-fitur yang ada di interior, terutama head unit yang sudah pakai model 2DIN. Kemudian untuk sektor mesin, tidak ada ubahan yang menonjol alias masih menggunakan mesin yang sama.
Lompat ke tahun 2019, Toyota lagi-lagi melakukan sedikit penyegaran pada Avanza dan Veloz, ini terlihat dari lampu depan yang dibuat terpisah. Selebihnya masih sama seperti penyegaran sebelumnya.
Veloz yang Sporty dan Terbatas
Di tengah isu kehadiran generasi ketiga, Toyota memanfaatkan momen tersebut buat menghadirkan Veloz GR Limited pada Agustus 2021 sekaligus merayakan 50 tahun Toyota di Indonesia.
Sama halnya kayak Avanza varian Luxury yang pernah dibahas sebelumnya, Veloz GR Limited dijual sangat terbatas, yakni 3.700 unit. Ubahannya pun terbilang minim seperti body kit yang sporty dan penambahan emblem GR Sport pada beberapa bagian.
Generasi Baru, Penampilan Baru
Generasi ke-3 Lahir, Jadi Lebih Modern
Memasuki generasi ketiga, Toyota melakukan rombakan besar pada Avanza dan Veloz. Mulai dari platform yang menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA) buat Avanza dan Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk Veloz.
Dengan penggunaan platform yang baru, penggerak roda juga berubah yang sebelumnya Rear Wheel Drive (RWD) jadi Front Wheel Drive (FWD). Bahkan, perubahan ini sempat memicu banyak perdebatan, terutama pengguna setia Avanza dan Veloz.
Secara penampilan bisa dibilang berubah total dibandingkan generasi-generasi sebelumnya, kini lebih modern, tajam dan memiliki desain khas Toyota saat ini, salah satunya pada grille yang lebar.
Nggak hanya bagian luar, bagian dalamnya pun juga ikutan dirombak oleh Toyota yang juga terbilang mirip dengan mobil-mobil Toyota terbaru pada umumnya, salah satunya terletak di head unit yang mengambang.
Fiturnya juga sudah pasti makin mewah dengan penambahan fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense atau TSS yang sering menjadi tolak ukur seberapa modern dan mewahnya mobil.
Dari segi mesin nggak ada ubahan yang mencolok, masih menggunakan mesin yang sama, yaitu 1.3-liter dengan kode 1NR-VE dan 1.5-liter dengan kode 2NR-VE. Ubahannya ada pada transmisi, terutama otomatik yang kini menggunakan CVT.
Yap, sejarah Toyota Avanza memang sangat menarik, mobil keluarga ini berhasil jadi kepercayaan masyarakat Indonesia. Avanza bisa dibilang “awal mula” dari segalanya dan nggak heran kalau mobil ini sering disebut sejuta umat. Sama halnya kayak Toyota Kijang yang juga sampai sekarang masih dipercaya oleh banyak masyarakat.
Sewa Toyota Avanza Buat Segala Kebutuhan
Selain mengenal sejarah Toyota Avanza, kamu juga bisa nyobain langsung Avanza yang sangat terkenal bisa memenuhi segala kebutuhan, salah satu caranya bisa sewa mobilnya lewat aplikasi TREVO. Karena dengan sewa lewat aplikasi, kamu bisa menikmati beragam keuntungan, salah satunya harga terjangkau dan mobil yang terawat. Tunggu apalagi? Yuk langsung sewa Avanza lewat aplikasi TREVO sekarang!