Snapchat menghentikan Filter ‘Speed Limit’

Jika dulu Snapchat merupakan salah satu aplikasi yang membuatmu lumayan menghabiskan waktu dan kuota, kini aplikasi yang mengenalkan filter-filter lucu itu masih terkenal di AS. Saking terkenalnya, Snapchat kedapatan bermasalah dengan hukum karena salah satu filter-nya yang berupa ‘speed limit’. Tetapi, masalah hukum itu dihindari dengan Snapchat yang sigap untuk menghapus filter ini dari aplikasinya. Sebenarnya awal kejadiannya seperti apa sih? Selengkapnya disini.

Snapchat dan Filter Speed Limit Membawa Petaka

Seperti yang telah ditelaah oleh situs caranddriver.com, mencari penghubung beberapa kecelakaan dengan filter speed limit usungan snapchat tidaklah susah. Remaja yang tewas akibat kecelakaan saat menyetir dengan kelajuan 170 KM/jam, 3 remaja wanita juga menyetir dengan kelajuan yang sama, hingga orang yang menyetir dengan kelajuan 186 KM/jam seperti di video bawah ini. Semua mempunyai kesamaan – lalai dan memamerkan semua di jejaring sosial, memakai filter speed limit Snapchat. 

Menanggapi kasus-kasus yang sudah terjadi, Snapchat sebenarnya sudah menerapkan peringatan sebelum memakai filter speedometer – jangan snap sambil menyetir(don’t snap and drive). Tapi ternyata Mei lalu itu saja tidak cukup, saat Snapchat menerima gugatan untuk filter snapchat ini. Para pengusut kasus dari Nnth U.S Circuit Court of Appeals berpendapat kalau kecelakaan-kecelakaan ini bisa dibawa ke pengadilan.

Masalah Yang Dibawa

Masalah yang dimunculkan ke meja hijau oleh para pengusut adalah desain dan user interface dari Snapchat itu sendiri. Snapchat memberikan trofi, streaks, social recognitions(pengakuan sosial) di dalam app, seiring dengan rajinnya user menggunakannya. “ini adalah permainan untuk Snap(Snapchat) dan penggunanya’ dengan tujuan mencapai 100 mph(160 KM/jam), mengambil foto atau video dengan Filter Kecepatan, dan kemudian membagikannya di Snapchat” demikian, salah satu isi poin permasalahan dari gugatan. 

Menanggapi masalah ini, dengan cepat akhirnya Snapchat memutuskan untuk menghapus sama sekali filter yang menjadikannya populer selama ini, selain filter jilat-jilat anjing dan berbagai beautify.

Terlibat dalam sebuah kecelakaan adalah hal yang kita semua tidak inginkan. Terlibat dalam musibah ini saat menggunakan TREVO? Jangan khawatir, dan baca artikel ini untuk mencari tahu langkah-langkah yang harus kamu lakukan. Atau, kamu ingin mendaftarkan mobil kamu ke TREVO dan mendapatkan perlindungan lebih? Klik disini untuk daftar dan cari tahu TREVO Shield!

Recommended Articles