Panduan Foto Inspeksi Booking

TREVO mendapatkan beberapa temuan nih soal foto inspeksi booking. Banyak dari Guest yang masih mengambil foto dengan kurang tepat, seperti terlalu gelap, foto buram, atau jarak terlalu dekat. Jadi, tim TREVO kesulitan untuk melihatnya. Supaya pada booking selanjutnya kamu nggak bingung soal pengambilan foto inspeksi booking yang tepat, yuk simak panduannya di TREVO.

Tata Cara Melakukan Foto Inspeksi Booking

  1. Parkir mobil di tempat yang aman, memiliki ruang yang cukup, serta pencahayaan sebaik mungkin.
  2. Siapkan smartphone Anda. Anda bisa mulai melakukan foto inspeksi booking langsung dari aplikasi Trevo.
  3. Mulai dengan foto eksterior mobil dari 4 sisi: depan, belakang, samping kiri, dan samping kanan
  4. Periksa kembali dan pastikan foto eksterior jelas dan menunjukkan seluruh bagian dari sisi mobil, serta pastikan juga plat nomor polisi mobil terbaca untuk foto sisi depan dan belakang.
  5. Selanjutnya, foto bagian odometer mobil. Pastikan KM mobil di odometer terlihat.
  6. Periksa kembali dan pastikan penunjuk bahan bakar dan KM mobil jelas terbaca.
  7. Periksa kondisi eksterior dan interior mobil. Apabila terdapat bagian yang lecet / rusak, maka lanjutkan dengan mengambil foto bagian kerusakan tersebut. 
  8. Foto inspeksi selesai. Berikan QR code kepada Host agar Host dapat memeriksa dan menyetujui foto-foto tersebut.
  9. Ulangi prosedur yang sama sebelum mengakhiri booking dan menyerahkan kunci kepada host.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dihindari saat mengambil foto inspeksi booking, antara lain:

  1. Tidak melakukan foto inspeksi awal maupun akhir.
  2. Menggunakan foto sama pada inspeksi awal dan inspeksi akhir, maupun antar booking.
  3. Mengedit foto inspeksi.
  4. Foto diambil dari dari mobil lain, dari internet, atau dari layar.
  5. Jarak foto terlalu dekat dan tidak menunjukkan keseluruhan dari satu sisi mobil.
  6. Plat nomor polisi tidak terbaca untuk foto sisi depan dan belakang.
  7. Penunjuk bahan bakar dan Km tidak terbaca pada foto odometer.

Sampel Foto Inspeksi Booking Yang Benar

Eksterior depan:

Eksterior belakang:

Eksterior samping kanan:

Eksterior samping kiri:

Kerusakan pada eksterior mobil:

Odometer mobil:

Sampel Foto inspeksi booking Yang Salah

Odometer Tidak Jelas, Km mobil tidak terbaca

Jarak foto terlalu dekat, sisi samping mobil tidak terlihat seluruhnya

Plat nomor polisi tidak terbaca, jarak foto terlalu dekat

FAQ

  • Booking mulai atau berakhir di malam hari sehingga tidak menemukan tempat yang cukup pencahayaannya, bagaimana guest melakukan foto inspeksi?

Foto inspeksi tetap dilakukan sebisa mungkin, boleh menyalakan flashlight smartphone dalam pemotretan. Setidaknya pastikan 3 bagian penting ini terlihat jelas:

  1. Plat nomor polisi mobil
  2. Penunjuk bahan bakar
  3. Km odometer mobil
  • Guest tidak dapat mengupload foto inspeksi karena berbagai situasi (contoh: tidak ada signal, Hp kehabisan baterai, aplikasi error, dsb). Apa yang harus dilakukan?

Tetap lakukan foto inspeksi awal dan akhir dengan kamera Hp yang ada. Lalu laporkan dan kirimkan foto tersebut kepada Host. Host akan melaporkan ke TREVO melalui resolusi@trevo.id dengan menyertakan booking ref, foto yang ada, dan kronologi.

  • Apa yang terjadi jika tidak melakukan booking inspeksi awal dan akhir?

Foto booking inspeksi adalah bukti pendukung untuk melindungi Guest dari masalah dalam perjalanan ataupun masalah dengan Host. Dengan tidak adanya foto booking inspeksi, maka kemampuan TREVO untuk melindungi Guest akan terbatasi. Selain itu, Host dapat dikenakan sanksi karena ini.

  • Apa yang terjadi jika foto inspeksi tidak memenuhi standar atau  tidak wajar?

Foto booking inspeksi adalah bukti pendukung untuk melindungi Guest dari masalah dalam perjalanan ataupun masalah dengan Host. Jika foto booking inspeksi memiliki kualitas yang rendah, maka kemampuan TREVO untuk melindungi Guest akan terbatasi. Selain itu, Host dapat dikenakan sanksi karena ini.

Recommended Articles