Kelas SUV segmen B atau SUV kompak semakin padat di tahun 2023 ini. Nggak sedikit pabrikan-pabrikan mobil mau mencicipi kelas yang cukup populer ini, salah satunya Mitsubishi yang melahirkan XForce dan Toyota yang unjuk gigi dengan Yaris Cross.
Kedua mobil baru ini punya keunggulannya masing-masing dan kedua mobil ini bakal berhadapan sama sang raja di kelasnya, Honda HR-V! Kira-kira apa keunggulan dari kedua mobil ini? Yuk simak selengkapnya di TREVOMOTIF minggu ini!
XForce vs Yaris Cross, Pilih Mana?
Eksterior Tajam dan Modern
Sebagai pendatang baru, kedua mobil ini punya penampilan yang fresh di kelasnya. Mulai dari Mitsubishi XForce yang bikin jatuh cinta pada pandangan pertama berkat penampilannya yang nggak kayak SUV pada umumnya.
Terkesan tajam, XForce tetap mengusung bahasa desain Dynamic Shield dengan lampu depan yang berbentuk T-Shape dan juga gado-gado dengan lampu utama, daytime running light, dan lampu sein. Belakangnya pun bentuk T-Shape dan gado-gado, oh iya mobil ini punya ground clearance 222 mm buat nunjukin aura SUV-nya.
Rivalnya, Toyota Yaris Cross menonjolkan desain khas Toyota yang memakai grille lebar dengan lampu berbentuk tajam dan pipih. Yaris Cross mencoba menonjolkan kesan SUV nan sporty-nya dengan lekukan desain pada keseluruhan bodi mobil.
Kalau ditarik garis besarnya, Yaris Cross bisa dibilang anak dari RAV4 dan Highlander yang cukup populer di pasar Amerika. Meski begitu, Toyota berhasil menunjukkan aura SUV dari mobil barunya ini.
Interior Punya Keunggulan Masing-masing
Masuk ke bagian dalam mobil, untuk XForce bisa dibilang penuh dengan digital, mulai dari panel instrumen digital 8-inci yang dibuat menyambung dengan head unit berukuran 12,3 inci membentang panjang. Ditambah dengan pengaturan AC yang digital.
Interior terlihat makin futuristik dengan konsol tengah yang dibuat tinggi, penggunaan material pada interior juga membuat XForce terlihat nyaman dikendarai. Sayangnya, mobil dari Tiga Berlian ini nggak dilengkapi dengan sunroof atau moonroof.
Yap, adanya ‘kaca’ di atap mobil bisa dibilang cukup standar di mayoritas SUV di kelasnya, termasuk Yaris Cross yang juga punya membentang panjang. Ngomong-ngomong interior, Yaris Cross secara keseluruhan memiliki gaya interior yang khas SUV milik Toyota.
Mulai dari dasbor yang punya head unit 10-inci bermodel floating dan panel instrumen 7-inci yang digital. Ditambah aksen yang tersebar di mobil memang terlihat seperti interior yang ‘Toyota banget’. Meskipun nggak semuanya digital tetapi cukup convenient buat yang ada di belakang kemudi berkat fitur-fitur yang berlimpahnya.
Fitur yang Sama-sama Mumpuni
Bicara fitur, Mitsubishi XForce cukup canggih. Fitur-fitur yang sudah cukup sering ditemui di SUV kompak sekarang seperti electronic parking brake with auto hold, ambient light serta wireless charging di konsol tengah juga menjadi kewajiban buat mobil baru ini. Ditambah speaker Dynamic Sound by Yamaha juga siap bikin kuping nyaman saat berkendara.
Nggak cuma itu aja, fitur canggih kayak bagasi elektrik dengan sensor kaki sudah menjadi fitur ditambah fitur mode berkendara (Normal, Wet, Gravel, dan Mud) sudah tersemat di mobil ini supaya berkendara di medan apa pun tetap jalan!
Belum selesai, Advanced Driving Assistance System (ADAS) atau fitur keselamatan aktif bisa dibilang jadi ‘nilai jual’. Mulai dari Active Stability Control, Blind Spot Warning, Hill Start Assist, Rear Cross Traffic Alert, Cruise Control dan Tire Pressure Monitoring System sudah termasuk.
Nggak mau kalah, Toyota Yaris Cross juga lengkap dengan fitur electronic parking brake with auto hold, ambient light, dan wireless charging di konsol tengah. Oh iya, mobil ini juga punya pengaturan kursi elektrik biar nggak perlu tarik-tarik tuas lagi.
Fitur canggih seperti bagasi elektrik dengan sensor kaki juga udah disematkan di Yaris Cross, ditambah panoramic glass roof yang bikin mobil jadi modern dan nyaman. Sayangnya, SUV Toyota satu ini nggak punya fitur mode berkendara.
Kalau ngomongin fitur keselamatan udah nggak perlu diragukan lagi, hampir semua mobil Toyota sekarang udah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense atau TSS.
Ada yang Punya Hybrid dan Ada yang Nggak Punya
Soal mesin, sayangnya SUV baru dari Mitsubishi belum punya hybrid alias masih sepenuhnya mesin pembakaran internal. Untuk mesinnya menggunakan mesin dari Xpander, 4A91 1.5-liter MIVEC yang menjanjikan tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm.
Berbeda dari XForce, Yaris Cross ditawarkan dengan opsi hybrid. Untuk mesin bensinnya pakai mesin Avanza, 2NR-VE 1.5-liter dengan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada 4.200 rpm.
Sementara mesin hybridnya menggunakan mesin dengan kode 2NR-VEX yang mampu menjanjikan tenaga 91 PS dengan torsi 121 Nm ditambah dengan motor listrik yang menjanjikan tenaga 80 PS dengan torsi 141 Nm.
Cobain Mobil dari Mitsubishi dan Toyota Lain Dulu!
XForce dan Yaris Cross belum hadir di aplikasi TREVO tapi gapapa, sambil nungguin kehadiran 2 mobil ini, yuk cobain mobil dari Mitsubishi dan Toyota yang lain dulu, kayak Pajero dan Fortuner mungkin, hihi!
Spesial banget buat kamu yang baru pertama kali sewa mobil lewat aplikasi TREVO, nih! Ada diskon hingga 25% menunggu kamu. Jangan mikir kelamaan, langsung sewa mobil favoritmu lewat aplikasi sekarang!