Yaris Cross vs HR-V, Kerenan Mana?

Yaris Cross lagi-lagi jadi pusat perhatian setelah akhirnya SUV kompak ini diproduksi secara lokal di Karawang, Jawa Barat. Yap, ini jadi mobil hybrid kedua yang diproduksi sama Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) setelah Kijang Innova Zenix.

Menggendong nama Toyota, Yaris Cross jadi salah satu produk yang paling ditunggu-tunggu apalagi nyasarnya ke segmen yang bisa dibilang cukup populer. Ini artinya, bakal berhadapan langsung sama sang raja, Honda HR-V.

Nah, biar kamu makin tau nih soal keduanya dan nggak bingung, tenang, TREVO selalu ada buat kamu kok! Kali ini kita bakal komparasi anak baru, Yaris Cross sama sang raja di kelasnya, HR-V.

Yaris Cross Lawan HR-V, Kerenan Mana?

Modern, Gagah dan Sporty

Toyota Yaris Cross Hybrid (PT Toyota-Astra Motor)

Pertama, dari segi penampilan, jelas banget Yaris Cross beda jauh sama yang ada di Jepang dan Eropa. Secara desain, lebih tajam dan sporty sesuai sama target pasarnya. Yap, bisa dibilang kekinian banget.

Bisa dibilang penampilannya kayak perpaduan dari RAV4 dan Highlander yang punya mata menyipit dan grille lebar di tengah yang kekinian banget. Secara platform juga berbeda, Yaris Cross buatan Indonesia pakai platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Honda HR-V RS (Honda Prospect Motor)

Rivalnya, HR-V juga punya penampilan yang lebih tajam dibanding generasi sebelumnya dan terkesan ‘lebih besar’ walaupun di segmen yang sama. Iya, sama kayak mobil kekinian, penampilannya lebih minimalis dan sporty.

Dari segi desain mulai kelihatan ‘signature Honda’ yang punya mata menyipit dan grille lebar bergaris dan honeycomb buat RS. Penggunaan krom juga dikurangin biar aura sporty-nya berasa. Yang jelas, generasi baru HR-V ini lebih segar.

Interior Ikutan Modern

Interior dari Toyota Yaris Cross (PT Toyota-Astra Motor)

Yap, nggak cuma bagian luarnya aja yang modern, bagian dalamnya juga ikutan kok. Kalau Yaris Cross punya interior yang kayak mobil Toyota baru pada umumnya, desain stir yang sporty, head unit model floating dan ambient light.

Nggak cuma itu aja kok, Toyota menyebut mobil ini punya kabin yang lapang ditambah fitur-fitur kekinian dan esensial buat mobil SUV pada umumnya, salah satunya kayak panoramic glass roof.

Interior Honda HR-V (Honda Prospect Motor)

Kalau Honda HR-V generasi baru bisa dibilang mempertahankan desain interior lamanya yang konsol tengahnya tinggi tapi dibikin lebih modern. Seperti pembaruan pada head unit yang jadi floating.

Nggak cuma itu aja kok, kabinnya juga disebut lapang dan punya pengaturan bagasi yang cukup fleksibel. Highlight dari interior HR-V ini panoramic glass roof yang lebar dan harus dibuka secara manual.

Fitur Keren dan Canggih

Electric power back door dengan kick sensor (PT Toyota-Astra Motor)

Lanjut ke bagian fiturnya, Yaris Cross bisa dibilang cukup manjain penggunanya dengan fitur-fitur kekinian yang sangat berlimpah. Biar nggak bingung bacanya, udah dirangkum beberapa fitur unggulan yang ada di Yaris Cross.

  • Head unit berukuran 10,1-inci
  • Pengaturan kursi elektrik
  • Pengaturan mode berkendara
  • Paddle shift
  • Dash cam
  • TFT MID berukuran 7-inci
  • Pengaturan audio pada setir
  • Pengaturan auto AC dan AC digital
  • Electric Parking Brake dan Auto Hold
  • Panoramic glass roof
  • Electric power back door dengan kick sensor
  • Toyota Safety Sense
Power Tailgate HR-V (Honda)

Sebagai generasi terbaru, sang raja juga punya fitur-fitur kekinian yang melimpah dan siap bikin perjalanan jadi lebih nyaman. Yuk simak selengkapnya ada fitur apa aja yang ditawarkan.

  • Head unit berukuran 8-inci
  • Pengaturan mode berkendara
  • Paddle shift
  • Electric Parking Brake dan Auto Hold
  • TFT Meter Cluster berukuran 4,2-inci
  • Pengaturan audio pada setir
  • Pengaturan auto AC
  • Panoramic glass roof
  • Honda Sensing.

Mesin yang Nggak Kalah Bertenaga

Mesin yang ada di Yaris Cross (PT Toyota Astra Motor)

Kalau soal mesin bisa dibilang agak berbeda, Yaris Cross punya mesin bensin dan hybrid. Untuk mesin bensinnya pakai kode 2NR-VE dengan kapasitas 1.500 cc, sama kayak punya Veloz. Mesin ini punya tenaga 104 dk dan torsi 138 Nm.

Mesin hybrid-nya pakai kode 2NR-VEX yang punya tenaga 89 dk ditambah motor listrik 79 dk dengan torsi maksimal 141 Nm. Rivalnya sendiri bisa dibilang agak berbeda, apalagi udah mengaspal cukup lama di Indonesia.

Mesin Honda HR-V (Honda Prospect Motor)

Yap, HR-V juga punya 2 mesin tetapi sama-sama bensin. Buat varian RS pakai mesin V-TEC Turbocharger 1.498 cc yang punya tenaga buas, 174 dk dan torsi 240 Nm. Kalau varian SE pakai mesin i-VTEC Naturally Aspirated (NA) yang bertenaga 119 dk dan torsi 145 Nm. Bisa dibilang dari sisi mesin, HR-V memang lebih buas dibanding Yaris Cross.

Sambil Nungguin Mobilnya…

Kamu masih bisa sewa SUV lainnya yang nggak kalah menarik, kayak Hyundai Creta yang juga sekelas atau bahkan HR-V generasi lama! Spesial buat kamu yang baru pertama kali booking ada DISKON HINGGA 50% menunggu kamu. Tunggu apalagi? Yuk sewa mobil favoritmu lewat TREVO sekarang!

Apa pun Kebutuhan, Mobilnya Pasti Ada!

Recommended Articles