Perbedaan Innova Reborn dengan Zenix, Pilih Mana?

Innova Zenix semakin populer di Indonesia, bahkan populasinya mulai terlihat banyak di jalanan kota-kota besar. Meski sudah ada generasi barunya, Innova generasi sebelumnya atau dikenal sebagai Innova Reborn juga nggak kalah populer bagi warga Indonesia hingga saat ini.

Tentunya bukan karena belum bisa move on, melainkan ada beberapa pertimbangan yang membuat orang tetap memilih Innova Reborn dibandingkan Zenix. Seperti penggerak roda hingga mesin, lantas apa perbedaan dari kedua mobil yang mengusung nama legendaris Kijang ini? Yuk simak selengkapnya bareng TREVO!

Innova Reborn dan Zenix, Bedanya Apa?

Penampilan Berbeda tapi Sama-sama Gagah

Mulai dari segi penampilan tentu sama-sama berbeda, Innova Reborn lebih cenderung boxy dan memanjang sedangkan Zenix mengusung desain crossover yang terkesan lebih kental. Namun muka dari kedua Kijang ini memiliki beberapa aspek yang identik seperti grille yang lebar dan lampu depan pipih yang tajam, seakan-akan Toyota mengembangkan lebih lanjut bagian depan dari Reborn.

Selain penampilan juga terdapat banyak perubahan di Innova Zenix seperti platform yang sudah tak lagi menggunakan ladder frame melainkan Toyota New Global Architecture (TNGA): GA-C yang memakai struktur monokok. Ditambah menggunakan penggerak roda depan atau FWD dengan tujuan membuat kabin lebih besar. Sedangkan Innova Reborn masih memakai RWD yang mana jadi pertimbangan untuk beberapa penggunanya.

Tentu dari segi dimensi ada perubahan, untuk Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm dengan wheelbase 2.850 mm. Sementara itu, Innova Reborn punya panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm dan wheelbase 2.750 mm.

Interior dan Fitur Tetap Mewah

Interior dari Innova Reborn (PT Toyota Astra Motor)

Lanjut ke bagian dalam mobil, baik itu Innova Reborn maupun Innova Zenix, keduanya sama-sama berhasil menunjukkan kemewahannya di bagian interior. Untuk Zenix jadi jauh lebih modern pada bagian dashboard dengan konsol tengah yang dinaikkan supaya semakin ergonomis saat berkendara. Sementara Innova Reborn tetap mewah ditambah dengan penggunaan material kayu di bagian dashboard.

Tentu saja, Reborn belum mengimplementasikan head unit jenis floating namun sudah menggunakan ukuran 9-inci dan tentunya layar sentuh dan dapat tersambung bluetooth. Sedangkan Zenix memakai head unit ukuran 10-inci.

Interior dari Innova Zenix (PT Toyota Astra Motor)

Oh iya untuk keduanya sudah memiliki captain seat dan rear seat entertainment, perbedaannya Zenix memiliki 2 layar, Reborn hanya 1 layar. Ditambah, Zenix sudah dilengkapi dengan panoramic roof untuk memperkuat kesan mewahnya.

Kalau bicara fitur keselamatan tentu berbeda sangat jauh, untuk Zenix sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense atau TSS yang terdiri dari Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, Lane Tracing Assist, dan Automatic High Beam. Tak lupa dengan fitur keselamatan standar seperti airbags, ABS, sensor serta kamera parkir, Vehicle Stability Control, dan Hill Assist.

Untuk Innova Reborn masih sangat standar, fitur-fitur seperti airbags, ABS, Vehicle Stability Control, Hill Assist, dan kamera parkir belakang. Yap, karena pada saat itu TSS belum eksis dan populer di mobil-mobil Toyota.

Dibedakan Oleh Mesin

Innova Zenix (PT Toyota Astra Motor)

Perbedaannya berlanjut pada mesin yang digendong oleh kedua Kijang ini. Generasi terbaru dari Kijang sudah tidak menggunakan diesel dan mengadopsi mesin hybrid. Karena diesel sudah tak ada lagi di Zenix, tak heran bila masih ada beberapa yang tetap bertahan atau memilih Reborn.

Lanjut bahas mesin, untuk Innova Reborn, mesin bensinnya menggunakan kode 1TR-FE berkapasitas 2.0-liter dengan tenaga 137 dk dan torsi maksimum 183 Nm. Mesin itu kemudian digantikan oleh M20A-FKS Dynamic Force berkapasitas 2.0-liter di Zenix dengan tenaga 172 dk dan torsi maksimum 204 Nm.

Sementara itu Reborn memiliki mesin diesel legendaris 2GD-FTV yang berkapasitas 2.4-liter dan menjanjikan tenaga 146 dk dan torsi maksimum 342 Nm. Kemudian di Zenix digantikan oleh mesin hybrid M20A-FXS berkapasitas 2.0-liter dengan tenaga 149 dk dan torsi maksimum 186 Nm, tak lupa mesin itu dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 111 dk dan torsi 205 Nm.

Sewa Innova Reborn atau Zenix? Di TREVO aja!

Apa pun pilihanmu mau itu Innova Reborn atau Innova Zenix bisa kamu cobain langsung dengan sewa mobilnya lewat aplikasi TREVO! Spesial buat kamu yang baru pertama kali sewa mobil di TREVO bisa dapat diskon hingga 40% untuk perjalanan yang lebih berkesan~ Tunggu apalagi? Yuk cobain mobilnya sekarang juga!

Sewa Mobil Lewat TREVO Pasti Dapat, Pasti Hemat

Recommended Articles