Toyota Kijang sudah jadi nama yang melegenda di Indonesia, MPV satu ini sudah mengaspal selama 46 tahun di Tanah Air, menemani dan membantu berbagai kebutuhan orang Indonesia. Pastinya, mobil ini sudah menyaksikan banyak kenangan dan cerita yang nggak terlupakan.
Selama 46 tahun, Toyota Kijang sudah mencapai 7 generasi dengan Innova Zenix jadi yang paling baru. Nggak sedikit yang udah menaruh kepercayaan sama MPV buatan Indonesia, ketangguhannya udah nggak diragukan lagi, apalagi mesin-mesinnya yang emang bandel.
Dengan kehadiran generasi terbaru, pastinya kamu udah penasaran kan apa aja sih yang bertambah dan berubah dari generasi sebelumnya? Nah, biar nggak bingung, yuk kita kupas sampai tuntas Toyota Kijang Innova Zenix di TREVOMOTIF minggu ini!
Kupas Tuntas Kijang Innova Zenix
Generasi Baru, Muka Baru
Menjelang akhir tahun 2022, Toyota akhirnya meluncurkan generasi ke-7 yang sekarang disebut, Kijang Innova Zenix, panjang ya namanya? Meski begitu, ternyata Zenix punya arti yang menarik, mengutip Oto Driver, Zenix diambil dari Zenith yang artinya tinggi sementara X-nya adalah crossover.
Meski di namanya memang ada crossover dan penampilannya seperti crossover, tapi mobil ini sejatinya masih MPV kok! Ngomong-ngomong, yuk kita bahas penampilan baru dari Toyota Kijang yang lebih modern ini.
Yap, kalau ngomongin gaya memang seperti crossover, ini kelihatan dari garis desain dan lekukannya mulai dari depan sampai belakang mobil, ini juga menyesuaikan sama tren pasar di Indonesia. Tetapi secara keseluruhan, Innova Zenix masih mempertahankan kesan kokoh dan tangguhnya!
Bisa dibilang, muka depannya mirip dengan desain mobil-mobil Toyota sekarang, grille baru yang lebar dengan mata tajam yang menyipit, terus fog lamp sekarang dibikin lowkey. Kesan crossover-nya makin berasa di bagian belakang.
Perubahan besar-besaran ini nggak cuma dipenampilan aja, penggunaan platform yang jadi TNGA-C (Toyota New Global Architecture) dan sasis juga ikutan berubah. Sebelumnya, Toyota Kijang masih mengandalkan sasis ladder frame tetapi Innova Zenix sekarang sudah menggunakan sasis monokok.
Lalu, penggunaan roda penggerak juga berubah, lho. Sekarang sudah menggunakan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) yang sebelumnya masih mengandalkan rear wheel drive (RWD). Banyak banget ya perubahannya?
Fitur Makin Mewah
Meski banyak perubahan, bagian dalam Innova Zenix jadi makin mewah, lho! Bagian dasbornya dibikin jadi lebih modern dengan konsol tengah dibikin menyatu, terus terdapat wireless charging dan head unit 10-inci dibikin jadi model floating. Terus, bagian cluster udah pakai MID TFT berukuran 7-inci.
Bisa menampung 7 penumpang, biar makin nyaman naik mobilnya, kursi baris kedua dibikin captain seat dan ada ottoman! Nggak sampai situ aja, masih di baris kedua nih, udah ada rear seat entertainment di kedua kursi, mau sambil nonton Netflix? Bisa! Oh iya, Innova Zenix juga udah punya panoramic sunroof, beneran berasa di rumah jadinya.
Supaya makin canggih, MPV ini juga dilengkapi sama power backdoor with voice command, jadi kalau kamu lagi repot bawa barang dan mau buka bagasi, tinggal ngomong aja! Nggak ketinggalan, biar kamu makin nyaman berkendaranya, mobil ini juga udah dilengkapi sama Toyota Safety Sense (TSS) alias fitur keselamatan aktif yang canggih.
Udah Nggak Ada Diesel
Hal lain yang bikin Toyota Kijang dipercayakan dan dikenal banget adalah mesin Dieselnya yang tangguh banget. Sayangnya, buat Innova Zenix mesin Diesel harus dihapus dan diganti oleh mesin hybrid, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.
Menurut Toyota, penghapusan mesin Diesel memang sudah melewati berbagai pertimbangan, mulai dari efisiensi hingga bobot Kijang sekarang yang menjadi sekitar 2.250-2.302 kg. Nggak cuma mesin Diesel aja, transmisi manual juga udah nggak eksis lagi di Innova generasi sekarang.
Yap, mesinnya hanya ditawarkan dalam bensin dan hybrid saja. Untuk mesin bensinnya menggunakan M20A-FKS dengan kapasitas 1.987 cc dengan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 kgm pada kisaran 4.500-4.900 rpm.
Sementara itu, untuk varian hybrid-nya menggendong mesin M20A-FXS dengan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 kgm yang digabung dengan motor listrik bertenaga 113 PS dan torsi 21 kgm.
Pas sistem hybrid-nya bekerja, kombinasi antara mesin dengan motor listriknya bisa mengeluarkan tenaga 186 PS. Oh iya, mesin hybrid yang ada di Innova ini pakai teknologi Prius generasi paling baru, iya yang mukanya ganteng.
Toyota Kijang Terus Kokoh
Walaupun mengalami banyak perubahan, Toyota Kijang Innova Zenix masih terus jadi favorit dan kepercayaan warga Indonesia. Namanya yang melegenda seantero Indonesia, udah nggak heran kalau orang terus tertarik sama mobil ini.
Kalau di jalanan kota-kota pastinya nggak cuma Avanza si mobil sejuta umat yang sering kamu lihat, tetapi juga masih ada Toyota Kijang, berapa pun itu generasinya, mulai dari Kijang Super, Kapsul hingga Innova ada dimana-mana.
Nggak heran kalau kedepannya kita bakal ngeliat Innova Zenix banyak mengaspal. Apalagi, mengutip dari Gridoto, mengakhiri tahun 2022, Innova Zenix sudah dipesan sebanyak 9.000 unit! Yang jelas, mobil ini bakal terus menjadi kepercayaan buat memenuhi berbagai kebutuhan warga Indonesia.
TREVO Selalu Ada buat Kebutuhanmu!
Apa pun kebutuhanmu, TREVO selalu ada buat kamu kok! Mau jalan-jalan bareng keluarga naik Avanza, Innova atau bahkan Alphard bisa banget atau mungkin mau belanja naik HR-V, bisa banget. Lebih bisa lagi kalau mau glamping pakai Campervan! Kebetulan ada diskon KHUSUS hingga 50% buat kamu yang baru pertama kali sewa mobil lewat TREVO!