Perayaan Imlek di Berbagai Kota di Indonesia

Perayaan Imlek sebentar lagi, nih! Yap mengawal Januari dengan tahun baru dan mengakhiri bulan yang sama dengan perayaan tahun baru China, yang jelas pasti bakal meriah! Oh iya, tahun ini menjadi tahun Shio Kelinci Air.

Menurut kalender China, tahun kelinci air memiliki beberapa arti, diantaranya seperti penuh dengan harapan, lembut dan tenang, serta kesabaran dan kesuksesan. Jadi, tahun baru ini makin cerah banget!

Oh iya, kalau ngomong tahun baru China, jelas perayaannya yang meriah patut disorot. Soalnya nggak cuma di Jakarta aja, ada beberapa kota yang ikut merayakan Imlek dan perayaannya unik-unik! Emangnya kayak gimana, sih? Yuk simak perayaan Imlek di beberapa kota di Indonesia bareng TREVO!

Keunikan Perayaan Imlek di Berbagai Kota Indonesia

Mandi di Tujuh Lubang Sumur di Depok

Perayaan Imlek dengan Mandi di Sumur Tujuh Lubang, Depok (Cari Tau)

Pada perayaan imlek, ada yang unik dari etnis Tionghoa yang berada di Depok, lebih tepatnya yang merayakan di Vihara Gayatri, Depok. Mereka datang ke Vihara nggak cuma untuk beribadah saja, tapi mandi juga.

Iya, benar, di Vihara Gayatri ada tujuh lubang sumur, yang mana setelah beribadah mereka akan mandi menggunakan air dari sumur itu. Setiap sumur itu punya nama dan dipercaya memiliki khasiat tersendiri.

Pertama ada Sri Ningsih untuk menerangkan lahir dan batin, Sri Waras untuk sehat dan sentosa, Sri Lungguh untuk kedudukan derajat, Sri Kumaratih Kumajaya untuk mencari jodoh, Sri Rezeki untuk usaha mencari rezeki, Dewi Sri Mulyasari untuk pengobatan, dan Sri Ponco Warno untuk tolak malapetaka.

Menikmati Street Festival di Bogor

Street Festival di Bogor (Bogor Daily)

Kota yang punya julukan kota hujan ini juga bisa jadi salah satu destinasi yang menarik untuk merayakan Imlek, lebih tepatnya pada saat Cap Go Meh, lho. Iya, disebut sebagai Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) biasanya bakal diramaikan dengan rombongan pawai yang meriah banget!

Nggak cuma pawai yang meriah aja, pernak-pernik ala Imlek seperti barongsai, kelompok liong barong, dan pertunjukkan budaya lokal Bogor. Yap, CGM Festival menjadi salah satu tradisi perayaan Imlek yang bisa dinikmati sama siapa aja, bisa jadi destinasi yang menarik buat kamu, nih!

Pasar Imlek Semawis, Semarang

Pasar Semawis, Semarang (Titipku)

Tradisi perayaan Imlek selanjutnya ada di Semarang yang lebih tepatnya berpusat di kawasan pecinan. Yap, suasana ramai dan keseruan malam Imlek bisa terasa di pasar malam yang terletak di daerah Semawis.

Selain suasana yang ramai, Pasar Imlek Semawis juga menyediakan beragam kuliner khas budaya Tionghoa. Pas banget, nih buat kamu yang hobinya jajan sambil foto-foto di pasar malam, cocok ke sini!

Pekan Budaya Tionghoa di Yogyakarta

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (Pemerintah Kota Yogyakarta)

Jogja juga nggak mau kalah meramaikan Imlek, setiap tahunnya Kota Pelajar selalu mengadakan festival tahunan untuk merayakan Imlek, Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY). Biasanya dilaksanakan selama seminggu atau 7 hari di Ketandan Jogja.

Yap, dalam festival ini nggak cuma budaya dan warga Tionghoa aja yang meramaikan tetapi budaya lokal juga turut meramaikan jadi semakin kental dan menarik untuk dinikmati, jangan sampai kelewatan, ya!

Tradisi Grebeg Sudiro di Solo

Tradisi Grebeg Sudiro, Solo (Pemerintah Kota Surakarta)

Selanjutnya ada perayaan Imlek di Solo atau yang dikenal sebagai Grebeg Sudiro. Grebeg Sudiro merupakan wujud dari perpaduan antara budaya lokal dengan budaya Tionghoa di Solo. Tujuan adanya tradisi ini buat memeriahkan perayaan Imlek dengan nuansa Jawa yang kental.

Biasanya, Grebeg Sudiro diselenggarakan di Kelurahan Sudiroprajan, Kota Gede. Nantinya, akan ada arak-arakan yang membawa gunungan kue keranjang yang akan menjadi rebutan setelah sampai di Pasar Kota Gede.

Nggak cuma itu aja kok, bakal ada sekitar 5.000 lampion bundar dan juga belasan lampion berkarakter Shio Kelinci Air yang bakal memeriahkan Imlek tahun ini, menarik banget kan?

Merayakan Imlek di Sungai Musi

Sungai Musi, Palembang (Unsplash)

Bergeser ke Pulau Sumatera, di Palembang yang kental banget sama budaya Tionghoa juga turut meramaikan perayaan Imlek. Yap, Palembang memang memiliki hubungan yang ketat dan erat dengan budaya Tionghoa sejak zaman Sriwijaya.

Jelas perayaan tahun ini bakal semakin meriah di Palembang, lebih tepatnya di Sungai Musi. Dengan berbagai lampion dan hiasan lainnya yang meramaikan kawasan pecinan di Palembang. Nggak cuma barongsai aja kok, akan ada perahu naga yang melintas di Sungai Musi, jadi kamu bisa menikmati dan merayakan Imlek makin meriah dan seru!

Perang Air di Riau

Festival Cian Cui atau Perang Air di Riau (Klik Riau)

Buat kamu yang mau merayakan Imlek di Riau, mending siap-siap bawa baju lebih, karena perayaan di Riau cukup seru! Namanya Festival Perang Air atau dikenal sebagai Festival Cian Cui yang biasanya dirayakan di Sagu, Selat Panjang, Riau.

Dalam festival ini, yang mengikuti bisa main air dengan ember ataupun pistol air sambil keliling kota menggunakan becak motor. Sepanjang jalan diadakannya festival, orang-orang bakal saling menyiramkan air, seru banget kan? Ini juga jadi salah satu festival yang ditunggu-tunggu!

Imlek Fair di Medan

Kemeriahan perayaan Imlek di Imlek Fair Medan (Instagram/fastlinkgroup_official)

Nggak cuma Palembang aja, Medan juga turut merayakan Imlek dengan cara yang meriah dan bisa kamu kunjungi bareng keluarga juga! Biasa dirasakan sepanjang 10 hari lamanya, Imlek Fair di Medan diramaikan sama banyak pameran, stand makanan lezat dan bergizi serta hiburan-hiburan menarik!

Pawai Tatung, Atraksi Ekstrem di Singkawang

Pawai Tatung di Singkawang (Hello Indonesia)

Bergeser ke Kalimantan Barat turut merayakan Imlek dengan menarik, meriah dan tentunya jadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu karena memang se-unik itu! Perayaan yang dilaksanakan di Singkawang ini bakal terus berlanjut hingga Cap Go Meh atau 15 hari setelah hari pertama Imlek.

Kalau kamu tertarik, langsung berangkat ke Singkawang, di sana bakal ada atraksi debus dan pawai yang menarik, Pawai Tatung. Nantinya, para Tatung akan mengenakan pakaian merah dengan wajah yang ditembus oleh benda-benda tajam. Penasaran bagaimana serunya? Cus berangkat!

Perayaan Imlek Makin Meriah Bareng TREVO!

Merayakan Imlek jadi semakin meriah karena #TREVOSelaluAda buat kamu! Apa pun kebutuhan kamu, belanja, jalan-jalan atau ke tempat makan bareng keluarga, pasti bisa kok! Spesial Imlek lagi ada diskon hingga 45% KHUSUS buat kamu! Yuk langsung sewa mobil favoritmu lewat TREVO!

Sewa mobil TREVO saat Imlek dan dapatkan diskon menarik hingga 45%!

Apa pun kebutuhannya #TREVOSelaluAda buat kamu!

Recommended Articles